PENDIDIKAN SEKS

======================================

Anda Pengantin Baru? Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

Mei 23, 2007 oleh seksfile

PERINGATAN ini didengungkan setelah beberapa dokter kandungan dan dokter ginjal menemukan kasus infeksi saluran kemih ringan pada cukup banyak wanita yang baru saja menikah. Setelah diteliti ternyata hal ini dipicu oleh hubungan intim yang terlalu sering dan kasar, yang banyak terjadi pada pasangan pengantin baru.

Gejala awalnya yakni rasa nyeri ketika mau buang air kecil, warna urin yang keruh, dan perut bagian bawah yang seperti tertekan. Penyebabnya tidak lain adalah kuman dan bakteri escherichia coli yang memang mudah melekat dan mengumpul di selaput bagian luar vagina. Pada saat Anda berhubungan intim, bakteri ini menanti saat yang tepat untuk bisa menelusup ke dalam saluran kemih Anda. Jika hubungan itu terlalu sering dilakukan maka peluang kelalaian Anda membersihkan vagina semakin besar, dan ini adalah waktu yang ditunggu oleh bakteri ini. Apalagi jika hubungan intim itu dilakukan dengan cara yang kasar, dorongan yang kuat dan gesekannya membuat bakteri leluasa masuk ke saluran kemih Anda.

Sebenarnya tubuh memiliki sejenis protein yang berfungsi sebagai antibodi bakteri ini, namun jika kondisi tubuh tidak sedang tidak fit maka bakteri ini bebas berdatangan dan berkumpul di selaput luar vagina. Salah satu cara menghalangi pertumbuhan bakteri ini adalah mencuci vagina Anda dengan air bersih, bisa juga dengan sabun namun usahakan sabun bayi dan bukan obat atau sabun yang mengandung obat. Atau cara lain, cuci dengan air bersih kemudian cuci ulang dengan air rebusan daun sirih. Jadi hati-hati dan sebaiknya tetap ingat kesehatan dan kebersihan.(sw)

Ditulis dalam Seks & Reproduksi Wanita |

===============================

Hamil Anggur dan Pemicunya

Mei 23, 2007 oleh seksfile

KEBANYAKAN wanita menyamakan arti hamil di luar kandungan dengan kehamilan anggur. Perbedaan mendasar dari kedua proses kehamilan itu adalah tempat terjadinya. Kehamilan di luar kandungan, jelas janin berada di luar kandungan. Sedangkan hamil anggur merupakan pertumbuhan jaringan abnormal dalam kandungan (rahim). Hamil anggur ini disebabkan karena masalah informasi genetika mengenai sel telur yang telah dibuahi. Jaringan yang mengalami pertumbuhan disebut hydatidiform mole. Hamil anggur bisa menyeluruh bisa sebagian.

Dalam kehamilan anggur menyeluruh, jaringan abnormal bertumbuh menggantikan plasenta dan fetus (janin). Mola tumbuh menyerupai gerombolan anggur yang dapat memenuhi uterus. Sedangkan dalam kehamilan anggur sebagian, plasenta tumbuh secara tidak normal menjadi mola tetapi bisa juga terdapat beberapa jaringan fetus. Jika terdapat fetus, hampir selalu tidak normal dan mengalami kecacatan yang parah. Jarang sekali ada fetus yang bisa bertahan hidup hingga lahir.

Dalam kasus yang jarang sekali terjadi adalah suatu kehamilan kembar dimana satu merupakan mola penuh dan satunya merupakan fetus yang berkembang dengan normal. Disini fetus memiliki kesempatan untuk tumbuh dengan sehat dan bertahan hidup. Kadang-kadang, mola menjadi bahaya kanker. Kanker bisa hidup dalam rahim atau menyebar ke bagian-bagian lain dalam tubuh. Kanker yang terbentuk dari kehamilan anggur seringkali dapat disembuhkan.

Di AS, mola terjadi pada kurang lebih 1 dari 1000 kehamilan. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kehamilan anggur, yakni kehamilan pada wanita dengan usia lebih dari 35 tahun. Risikonya bahkan lebih besar daripada wanita berusia diatas 45 tahun. Diet protein rendah, folic acid dan carotene, pernah mengalami kehamilan anggur sebelumnya serta pernah mengalami keguguran. Kehamilan anggur ini dapat diatasi dengan cara mengangkatnya dari rahim. Bila Anda pernah mengalaminya dan tetap mencoba untuk hamil lagi, disarankan untuk menjaga kehamilan Anda lebih ketat dari sebelumnya. (satn)

Ditulis dalam Seks & Reproduksi Wanita | T

==========================

Haid Terganggu Karena Diet

Mei 23, 2007 oleh seksfile

SEORANG ibu yang memiliki gadis remaja sangat resah mengetahui anaknya menjadi seorang vegetarian setelah menolak memakan makanan hewani bahkan susu sekalipun. Keresahan ibu berawal dari rumor yang ia dengar bahwa pertumbuhan gadis remaja akan terhambat termasuk datangnya siklus haid dan mempengaruhi tingkat kesuburan. Kekhawatiran sang ibu ternyata ada benarnya, karena diet yang tidak seimbang memang mempengaruhi pertumbuhan. Salah satu pertumbuhan yang terganggu akibat diet salah adalah pubertas. Bukan hanya mereka yang diet makanan hewani yang terancam pertumbuhannya, mereka yang diet sayuran pun demikian. Intinya selama diet itu tidak seimbang maka pertumbuhan akan terganggu. Anda tidak perlu resah, karena tetap ada upaya menuju diet yang seimbang. Khusus untuk Anda yang vegetarian, ada beberapa nutrisi kunci yang senantiasa harus Anda konsumsi untuk menghindari pengaruh negatif diet sehingga tidak mempengaruhi pertumbuhan pubertas Anda. Protein; Protein daging, susu, dan telur harus digantikan dengan sumber protein dari sayuran seperti tofu, susu kacang kedelai dan beberapa produk kacang kedelai lainnya. Bisa juga mengkombinasikannya dengan buncis dan padi-padian, roti jagung, sop jagung, dan beberapa makanan kacang-kacangan. Kalsium; Asupan kalsium yang tinggi bisa Anda dapatkan dari tofu, susu kedelai, yoghurt kedelai dan keju, jus jeruk, dan makan pagi dengan sereal. Dan berbagai jenis sayuran yang mengandung kalsium. Zat Besi; Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah buncis, bayam, kismis, buah ara, dan gandum. 6 porsi sedang sehari cukup untuk menutupi asupan zat besi yang dibutuhkan tubuh Anda. Seng; Seng sangat penting untuk perkembangan seksual, Anda bisa menemukan kandungan seng pada sereal, gandum, dan berbagai jenis makanan yang berasal dari padi-padian. Vitamin B-12; Vitamin ini dibutuhkan untuk pertumbuhan normal dan menyehatkan fungsi syaraf yang hanya ditemukan pada produk-produk hewani. Cara lain untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan memakan susu kedelai, kemudian sereal siap saji. Jadi mulai sekarang jangan takut lagi untuk menjadi atau melihat remaja yang vegetarian. Banyak cara bisa dicoba untuk tetap sempurna dalam kesuburan dan pertumbuhan Anda. (stw)

Ditulis dalam Seks & Reproduksi Wanita |

This entry was posted in - - - - - - artikel kuliahbidan.wordpress.com. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s