Meniti Karier Lewat Facebook

Oleh Dinar Zul Akbar

Bagi anda saat ini yang masih bangga dengan status anak SMA atau SMK ataupun mahasiswa yang masih bingung apa yang akan anda lakukan setelah jenjang yang anda geluti ini berakhir. Tidak perlu repot-repot meng”sms” ketik reg spasi primbon, spasi jeneng atau spasi pacul.

Mungkin dengan catatan kali ini bisa sedikit membantu memecahkan mengenai masalah anda tersebut. Tulisan ini mungkin agak sedikit panjang, karena kita akan mencoba membedah mengenai pekerjaan atau profesi yang mungkin bisa kita dapatkan dari hobi kita membrowser situs facebook ini.

Pekerjaan yang akan disebutkan di dalam catatan ini berkaitan erat dengan ilmu-ilmu sosial. Jadi jikalau anda mempunyai cita-cita yang ingin menjadi seorang dokter, aristektur, pilot, ahli komputer, atau mungkin astronot. Mungkin sebaiknya anda mengakhiri bacaan anda sekarang juga.

Akan tetapi jika anda masih penasaran ada baiknya catatan ini anda save as di falshdisk untuk kemudian anda membaca hal ini di komputer atau mungkin laptop di rumah anda masing-masing. Mungkin anda juga akan bertanya kenapa hanya pelajaran ilmu-ilmu sosial?Jawabannya adalah karena ini facebook, situs ini sering disebut oleh para facebookers sebagai situs jejaring sosial, bukan jejaring alam. Lagipula manusia adalah makhluk sosial bukan makhluk alam, betul tidak?!

Dalam sebuah akun facebook, ada sebuah fasilitas notes atau catatan dan bagi anda yang mempunyai bakat untuk menulis atau mungkin bercita-coita menjadi penulis. Mungkin ada baiknya anda melatih bakat anda itu didalam fasilitas catatan tersebut. Profesi penulis ini pun bisa kita bagi dalam beberapa sub-sub seperti penyair, cerpenis, novelis, atau juga seorang penulis artikel lepas untuk kemudian kesemuanya itu bisa kita masukkan menjadi seorang penulis buku yang handal.

Barangkali mungkin anda bisa menjadi seorang William Shakespeare, JK Rowling, Andrea Hirata, Habiburahman El Shirozy dalam hal mengarang sebuah cerita ataupun cerita berkelanjutan (novel). Atau pun menjadi seorang penulis artikel lepas mengenai permasalahan-permasalahan sosial yang ada, berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang sudah anda dapatkan.

Dan jika anda selama ini rajin membuat catatan yang berisi sebuah puisi, maka mungkin anda cocok untuk menjadi seorang penyair. Menguntai dan memilih kata-kata yang tepat dan dipersatukan dengan kata-kata yang lain dengan tentunya memperhatikan keindahan tulisan.

“Yulianto Suroso Cullen @Bojong gede : aduh neraka bocor nih, panas banget disini, atau Susilowati Mc Granger @Sogo Jongkok : lagi belanja, diskonnya gede-gedean, borong!! ..” Bagi anda yang suka mengupdate status dengan kata-kata seperti contoh yang telah disebutkan.

Ada baiknya anda merefleksi diri anda, bahwa mungkin ada jiwa reporter yang bersemayam dalam diri anda. Status-status tersebut tak ubahnya seperti seorang jurnalis yang melaporkan sesuatu hal (entah cuaca, keadaan suatu tempat, kemacetan, dll) secara on the spot atau langsung di tempat kejadian.

Jadi jika anda sekarang masih duduk di bangku SMA ada baiknya anda untuk mempertimbangkan masuk kedalam jenjang perkuliahan mengambil jurusan jurnalistik. Ataupun bagi anda yang sudah nyemplung di bangku perkuliahan dan sudah mengambil jurusan tersebut, mungkin anda dapat melatih jiwa reporter anda dengan mengupdate status-status seperti yang sudah disebutkan tadi.

Dan untuk anda mahasiswa psikologi atau minimal mempunyai minat dalam dunia tersebut. Sering kali para jamaah al fisbukiyyah (meminjam istilah Goenawan Muhammad) menyibukkan status mereka dengan kegundahan hati yang ia alami misalnya “laper, ngantuk, senangnya hari ini, ^_^, sialan, enaknya ngapain, mau makan apa ya, maafkan atas kesalahanku??, aduh badan pegel-pegel capek bener agenda seharian dah kelar, dll”.

Anda bisa mencermati perilaku-perilaku para fisbukiyyah tersebut melalui status-statusnya. Dan jika anda sudah melalui tahapan awal ini, anda dapat beralih ke tahapan berikutnya untuk menjadi seorang agen intelijen. Entah itu kegiatan kajian stratejik mengenai pemasaran, pengamatan gejala sosial, keadaan perekonomian atau bahkan masalah han-kam.

Mungkin bisa saja para teroris tersebut mengupdate status bahwa mereka ingin menyerang suatu tempat tertentu misal “aduh deg, degan nih mau ngebom masjid” Karena percaya atau tidak para facebookers lebih nyaman curhat melalui akun facebooknya, ketimbang orang-orang terdekatnya atau orang yang dipercayainya. Dan bagi anda yang Insya Allah menjadi seorang psikolog tentu akan risih apabila hal itu terus berlanjut.

Karena bisa saja orang-orang tak lagi memerlukan jasa psikologi dalam mengurangi beban yang ia sedang alami. Kalau hal itu sudah terjadi, mungkin tidak akan ada lagi sebuah profesi yang bernama psikolog tersebut. Maka pintar-pintarlah mengatur strategi khususnya melalui situs facebook ini, jika anda masih ingin melanjutkan cita-cita anda tersebut.

Bagi anda yang gemar untuk mengambil gambar, jepret sana jepret sini. Maka gunakanlah fasilitas photos di account facebook anda. Anda langsung dapat mengupload foto-foto tersebut, tidak perlu ragu dan nyatanya sudah banyak yang melakukan hal seperti itu.

Dan bagi anda juga yang gemar menampilkan diri anda dalam sebuah foto mungkin anda dapat berpikir untuk menjadi seorang model. Anda bisa berpose close up, dengan gaya-gaya yang eksentrik, artistik, dan menarik tentunya. Dan banyak juga jama’ah al fisbukiyyah yang melakukan hal tersebut, untuk menunjukkan identitas atau pun komunitasnya.

Dan yang terakhir ini sebuah profesi yang mungkin impian semua orang, bisa menghasilkan banyak uang, dan berbagai macam fasilitas super wah dan mewah lainnya yang mungkin bisa kita dapatkan melalui pekerjaan ini, yakni Selebritis.

Seorang selebritis tidak hanya mencakup seorang artist bahkan lebih. Kita mengenal selebritis politik, hukum, budaya dan lainnya. Seorang selebritis ia membutuhkan sebuah pengakuan akan keberadaannya atau eksistensinya. Dan jika ia sudah kehilangan atau tidak mendapat pengakuan akan keberadaannya maka hilanglah sumber penghasilannya.

Dan jika anda rajin mengupdate status tiap harinya dengan bunyi-bunyi seperti ini “Aduh, badan sakit, tangan pegel, perut mules gara-gara ketidakhati-hatian, seharian Cuma bisa tidur; lagi makan bakmie; ooooooo; ngantuk hoaammft; pengen makan bakso; lagi jalan bareng Bejo; UAS sebentar lagi; banyak tugasssss, yang harus diselesaikan; dan berbagai macam status caper lainnya … Berbahagialah kawan, mungkin anda akan bisa menjadi seorang selebritis suatu saat pada nantinya.

Atau jika anda membuat apa saja, entah itu catatan, status, foto yang anda mengharapkan untuk dikomentari oleh teman-teman anda. Mungkin juga di saat itu ruhiyah seorang selebritis telah merasuk dan menyatu di dalam tubuh anda. Karena percaya atau tidak seorang selebritis membutuhkan hal itu, ia butuh untuk dikomentari, tidak penting apakah itu komentar mulai dari hal-hal yang serius sampai dengan komentar yang berisi hal-hal yang membodohkan.

Seorang selebritis facebook ia akan senang apabila ia membuka accountnya lalu ia mendapatkan sebuah notification atau pemberitahuan. Sekali lagi jika anda ingin menjadi seorang selebritis maka tetap pertahankan eksistensi anda dengan mengupdate status yang tidak jelas, yang bahkan mungkin dalam sehari anda dapat mengupdate hingga belasan kali dalam sehari. Ini hanya saran mungkin saja anda bisa menjadi seorang selebritis karena hal ini.

Barangkali ini yang dapat saya sampaikan, karena memang kita manusia membutuhkan sebuah pekerjaan yang dengan hal itu kita bisa terus mempertahankan keberlangsungan hidup kita.

Sekali lagi bahwa bakat manusia itu ada dan berbeda dalam tiap personnya. Tugas anda sekarang berlatih dan teruslah berlatih untuk mengasah bakat anda tersebut. Mungkin anda bisa menjadi salah satu dari sekian profesi yang disebutkan tadi.

Wallahu A‘lam bi Showab

dinarzulakbar_mail@yahoo.com

mukminsehat.multiply.com

This entry was posted in eramuslim.com. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s