Ta’aruf lewat internet

Assalamu’alaikum wr.wb.

Ustadz sebelum saya bertanya, saya akan bercerita tentang masalah saya. Saya mencari jodoh saya lewat internet, dan sudah ketemu seorang wanita yang sesuai dengan kriteria saya, saya juga menghubungi dia dan kita bercerita tentang diri masing2, kita juga kirim-kiriman foto masing2, akhirnya kita merasa cocok. Tapi ketika aku bilang mau taaruf sama keluarganya dia, dia mengatakan kalo ibunya tidak boleh dekat dengan orang yang baru dikenal, apalagi lewat dunia maya, jadi dia takut kalo aku datang ke rumahnya malah jadi nggak sesuai yang diharapkan. Yang saya mau tanyakan, bagaimana caranya meyakinkan orang tuanya agar bisa menyambut niat baik saya untuk berta’aruf denga dia?

Terima kasih atas jawaban Ustadz.

Hamba Allah

Erik Bungawan

Jawaban

Wa’alaikum salam wr. wb.
Saudara Erik yang dimuliakan Allah SWT, banyak cara untuk mencari jodoh tetapi jika melalui internet maka kehati-hatian amat perlu ditingkatkan. Dunia internet adalah dunia maya dimana orang dengan mudah merahasiakan identitas dirinya. Sudah banyak cerita tentang orang yang tertipu karena berkenalan dengan orang lain melalui internet (chating, email, situs pertemanan, dan lain-lain). Ada laki-laki yang mengaku bujangan, padahal sudah menikah. Perempuan yang memberikan foto orang lain bukan dirinya sendiri. Status sosial yang miskin diubah menjadi kaya, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, saran yang dapat saya berikan adalah idealnya seseorang itu jangan mencari jodoh melalui internet. Kalau untuk mencari teman boleh melalui internet, tapi kalau mencari jodoh sebaiknya melalui dunia nyata. Artinya, kita harus mengenal jodoh kita dalam kehidupannya sehari-hari. Kita perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya siapa dia sesungguhnya. Sebaiknya pencarian informasi ini juga melalui orang lain yang bisa kita percaya (orang tua, guru, sahabat dekatnya). Jangan hanya mengandalkan informasi yang kita cari sendiri agar tidak bersikap subyektif (yang jelek dianggap bagus atau sebaliknya karena sudah cinta). Setelah mendapatkan informasi yang cukup tentang dia, barulah kita bisa merencanakan untuk menikahinya atau tidak.

Jadi sebaiknya Anda jangan menyatakan niat untuk menikahinya hanya karena mengenal dia melalui internet. Apalagi langsung ingin bertemu dengan kedua orang tuanya. Nanti saja. Jadikan ia sebagai teman Anda dahulu. Lalu lakukan langkah-langkah yang saya sarankan di atas (bertemu secara fisik, libatkan orang lain untuk mengenal dia, tanya kepada teman-temannya siapa dia), sampai Anda tahu betul siapa dia sesungguhnya dalam dunia nyata, bukan dalam dunia maya.

Demikian saran yang dapat saya sampaikan. Semoga Anda mendapatkan jodoh yang baik dengan cara yang baiik pula.

Salam Berkah !

(Satria Hadi Lubis)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Ta’aruf lewat internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s